.:: Powered By Matdhule ::.

Hacker wanna be ...


Alhamdulillah beberapa hari yang lalu kebetulan ada waktu nganggur. Dan kebetulan juga gw lagi bawa CD backtrack yg memang selalu gw bawa, jaga2 kalo lagi ada waktu.

Rencananya gw mau install Backtrack 2 (baca:BT) ke dalam laptop yang sudah berisi Win XP Prof. Dual boot akan di kontrol menggunakan program lilo(LinuxLoader) bawaan BT. Langsung aja kita mulai proses instalasinya :D.

Pertama2 kita siapkan space hardisk buat alokasi bt nantinya akan terinstall. Minimum space yang dibutuhkan oleh bt adalah sekitar 2,7GB. Kali ini gw kasih space 4GB aja. Format yang digunakan untuk partisi linux tentu saja menggunakan Ext2/3. Cara melakukan partisi hardisk bermacam2. Kali ini gw pake software Partition Magic 8.



Setelah dialokasikan space hardisk yg akan digunakan oleh bt, restart laptop. Proses partisi akan berjalan setelah kita restart.
Jika proses partisi sudah selesai, restart kembali lalu booting melalui cd bt. Login sebagai root pass toor. Ketik mount untuk melihat mounting partisi ext2/3 yang kita buat tadi.
Misalnya /dev/sda6 on /mnt/sda6 type ext3 (rw). Berarti partisi ext3 berada pada /mnt/sda6.

Selanjutnya masuk GUI BT dengan perintah startx.

bt ~ # startx

Tunggu sampai muncul desktop KDE Backtrack 2. Klik pada Menu > System > BackTrack Installer.
Pada isian Install BackTrack to : dengan lokasi partisi ext berada. Pada laptop gw partisi ext3 di mount ke /mnt/sda6. Lalu pilih install Real ( bukan live) kemudian klik install.


Tunggu sampai file2 bt selesai di copy ke partisi baru. Lalu restart laptop. Keluarkan live cd bt agar system mencari booting pada hardisk.

Jika proses instalasi berhasil, kita akan otomatis booting ke backtrack yang sudah terinstall. Lalu bagaimana jika kita ingin memakai windows lagi? Caranya adalah menggunakan suatu tool bawaan linux yg bernama Lilo (Linux loader). Pertama2 kita setting dahulu konfigurasi lilo melalui command line dengan perintah liloconfig.

bt ~ # liloconfig

Pilih simple-> enter -> install to Master Boot Record.
Biasanya lilo akan otomatis mendeteksi adanya OS lain dan memasukkannya pada file konfigurasi lilo, yaitu /etc/lilo.conf. Jika ingin memodifikasi konfigurasi ini, edit file lilo.conf dengan perintah :

bt ~ # nano /etc/lilo.conf

Setelah itu jalankan program lilo dengan perintah :

bt ~ # lilo

Lalu restart kembali pc/laptopnya.

Jika lilo berjalan dengan baik, pada saat booting akan tampil pada layar menu pilihan OS yg akan digunakan.

Selamat mencoba :D

18 comments

  1. Unknown  

    Thx bro....gue coba dulu ok.

    www.tomahawk.co.nr

  2. Anonymous  

    Ni baru mantaff.. bahasanya awamiah banget, cocok sama gw yg msh newbie linux, tp ngomong2 ext2/3 itu apaan ya? tolong jelasin dong!!

  3. Anonymous  

    klo yang bt 3.0 gmn ya?
    dah dinstal ko bootingnya ga bisa lagi?

  4. Matdhule  

    @reza : Thx bro. ext2/3 itu adalah jenis partisi hardisk yg bisa di write oleh linux ( kalo OS windows pake NTFS).
    @anonymous : Install BT 3.0 prinsipnya sama aja. yang gak bisa booting gimana? udah setting boot loadernya dengan benar?

  5. Anonymous  

    maksudnya, ga kaya bt 2.0 yang setelah proses instal selesai trus restart bootingnya langsung bt2.0nya.

    ini setelah restart bootingnya bukan bt-nya tapi masih windows.

    setting bootloadernya gmn?

    thanks b4

  6. Anonymous  

    kok wifi laptopku di bt2 ga jalan ya?
    apa ga semua laptop wifinya support ma backtrack?
    ada solusi???????

  7. Anonymous  

    aku mencoba dan berhasil mungkin bisa kalian coba cara ku silakan kunjungi web ku hi www.onealsamba.co.cc

  8. Anonymous  

    saya coba dulu nyaaaaaaa

  9. Anonymous  

    saya sudah mencoba artikel diatas.........dan berhasil jalanin windows ama backtracknya.
    sebelumnya saya telah memiliki 2 OS yaitu Windows Xp dan Ubuntu 8.10
    setelah saya menginstal bactrack2 pada ruang yang kosong(emang sengaja gua sisain buat backtrack).

    gua coba petunjuk diatas buat aktifkan boot windowsnya. dan berhasil

    persoalan sekarang adalah ubuntu saya ngga bisa jalan alias kagak nongol saat boot.

    partisi yang saya buat adalah
    sda1 --> windows
    sda7 --> ubuntu
    sda9 --> bactrack

    nah,sekarang bisa ndak bantu saya buat aktifkan ubuntunya biar bisa nongol saat boot,dan bisa dijalankan dgn baik .

    Thanks before


    frutcy

  10. Matdhule  

    to frutcy : tinggal di setting di lilo nya aja supaya pilihan ubuntu tampil pada saat lilo jalan.
    Untuk setting lilo, ada di file /etc/lilo.conf. Formatnya ikutin aja sama format settingan windows dan BT. Tinggal diarahkan ke partisi ubuntu tersebut.

    Semoga membantu

  11. Anonymous  

    piuh..akhirnya selesai juga..tugas gua buat nampilin ubuntu saat boot.dan bisa dijalankan dgn baik.
    ini semua berkat om matdhule..yang telah menyediakan waktunya buat ngebimbing gua.(lewat ym,mesti beberapa kali restar pc terus,bolak-balik dari palnet windows ke planet backtrack 2)

    pertama2 saya buka konsole
    trus gua ketik
    nano /etc/lilo.conf

    maka akan muncul pesan seperti ini.
    -------------lilo.conf--------------
    # LILO configuration file
    # generated by 'liloconfig'
    #
    # Start LILO global section
    boot = /dev/sda
    message = /boot/boot_message.txt
    prompt
    timeout = 1200
    # Override dangerous defaults that rewrite the partition table:
    change-rules
    reset
    # VESA framebuffer console @ 1024x768x256
    vga = 773
    # Normal VGA console
    # vga = normal
    # VESA framebuffer console @ 1024x768x64k
    # vga=791
    # VESA framebuffer console @ 1024x768x32k
    # vga=790
    # VESA framebuffer console @ 1024x768x256
    # vga=773
    # VESA framebuffer console @ 800x600x64k
    # vga=788
    # VESA framebuffer console @ 800x600x32k
    # vga=787
    # VESA framebuffer console @ 800x600x256
    # vga=771
    # VESA framebuffer console @ 640x480x64k
    # vga=785
    # VESA framebuffer console @ 640x480x32k
    # vga=784
    # VESA framebuffer console @ 640x480x256
    # vga=769
    # End LILO global section
    # Windows bootable partition config begins[M B(
    other = /dev/sda1
    label = Windows
    table = /dev/sda
    # Windows bootable partition config ends
    # Linux bootable partition config begins
    image = /boot/vmlinuz
    root = /dev/sda9
    label = Linux
    read-only
    # Linux bootable partition config ends

    -----------------------------------
    lalu aku coba edit pada bagian akhir ,biar nanti ubuntu bisa nongol saat boot.
    seperti ini

    # Windows bootable partition config begins[M B(
    other = /dev/sda1
    label = Windos
    table = /dev/sda
    # Windows bootable partition config ends
    # Linux bootable partition config begins
    image = /boot/vmlinuz
    root = /dev/sda9
    label = Backtrack
    read-only
    image = /mnt/sda7/boot/vmlinuz-2.6.27-9-generic
    root = /dev/sda4
    label = Ubuntu
    initrd = /mnt/sda7/boot/initrd.img-2.6.27-9-generic
    read-only

    # Linux bootable partition config ends

    setelah itu gua tekan Ctrl X lalu Y trus enter

    biar lilo di replace maka aku ketikan pada konsole

    lilo

    enter biar lilonya bisa mendetksi perintah boot yang tadi kita buat,kali aja ada kesalahan pengetikan.

    setelah slesai gua klik reboot pada konsole.

    dan berhasil.....
    saat boot ubuntunya nongol

    susunannya seperti ini

    Windows
    Linux
    Ubuntu.

    hehehehe
    kayaknya gua bisa nambahin os lagi nih dari keluarga Slackware..atau bisa nambah Macintos.

    thanks to matdhule

  12. Anonymous  

    ralat
    image = /mnt/sda7/boot/vmlinuz-2.6.27-9-generic
    root = /dev/sda7 ---ini yang betul
    label = Ubuntu
    initrd = /mnt/sda7/boot/initrd.img-2.6.27-9-generic
    read-only

    pada bagian root ada kesalahan pengetikan di bagian atas comment saya.

  13. Unknown  

    Maaf nih bos, asal nimbrung aja.
    Sy ada kendala pd saat setelah install slacware, jd mohon pencerahannya..(maklum msh newbie bgt nih)
    Saya punya 2 os dalam satu laptop. satu win XP Pro, satunya lg slackware (baru install). pada saat boot pertama kali muncul pilihan windows atau linux, ketika pilih linux muncul loading hardware (ga tau apa namany) setelah beberapa saat laptop ngehang ga mau loading yg laen (berenti nya pada loading I/O …. ). Tp ketika saya restart laptop secara paksa dan memilih windows, windowsny berjalan lancar.
    Saya pikir saya salah instal jd saya format semuany dan hanya menggunakan satu os saja yaitu slacware.tp kasusnya sama saja seperti diatas. Mohon pencerahannya….

  14. Matdhule  

    @Hai : kemungkinan source untuk install slackware nya ada yg corrupt. Coba cek file isonya, apakah sudah benar. Kalo file iso gak masalah, coba burn ulang ke cd yg baru, trus install lagi slackwarenya.
    jika masih bermasalah silahkan balik lagi :D

  15. Dipta  

    Wah mantap nih infonya. klo gini
    siap jalankan bakctrak nih

  16. Anonymous  

    hai tolongin dong...stelah sya install backtrack2 trus d restart kok malah masuk lagi k windows??padahal saya udah sampai selesai install backtrack nya....tolong kasih masukan y

  17. Matdhule  

    @Dipta : thanks udah mampir, selamat mencoba :D
    @Anonymous : lilo nya udah di config belum? ikutin instruksi di blog ini aja kok

  18. Cielie  

    Thanks gan...
    bermanfaat bagi gw yg br belajar install backtrack... :D

Post a Comment



Subscribe to: Post Comments (Atom)