.:: Powered By Matdhule ::.

Hacker wanna be ...


Kompetisi Hacker se-Indonesia


Keberadaan hacker tidak selamanya merugikan atau berkonotasi negatif. Meski beberapa kasus bobolnya system keamanan server internet diduga sebagai ulah hacker, namun keberadaaan hacker di mata praktisi komputer nasional, Michael Sunggiardi adalah sesuatu yang positif.

Menurutnya, kompetisi hacking atau lebih dikenal dengan Capture The Flag (CTF) merupakan event yang bersifat game dan edukasi di bidang teknologi sekuriti komputer. ”Di luar negeri, CTF sudah sering diadakan di acara-acara yang berhubungan dengan dunia sekuriti baik di kampus atau acara internasional,” kata Michael, di Kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Jumat (11/5/2007).

Pernyataan Michael itu sebagai rangkaian pra-acara Pazia Acer Hacking Competition (Panhac) Kedua, yang akan digelar di 10 kota besar di Indonesia, termasuk di Yogyakarta. Ajang Panhac yang kedua tahun 2007, setelah digelar pertama 2006 lalu, akan menjalani roadshow pertama di Medan pada tanggal 26 Juni mendatang.



Kemudian Panhac 2 akan digelar berurutan di delapan kota lainnya, dan grand final akan dilangsungkan di Jakarta 1 Agustus mendatang. ”Kompetisi hacking atau CTF ini merupakan lomba mencari dan menemukan celah keamanan di sebuah jaringan computer yang sudah disediakan panitia penyelenggara,” kata Michael.

Oleh sebab itu, keberadaan hacker dalam Panhac 2 tidak merusak system sekuriti pihak lain, kecuali yang sudah disediakan panitia. Jaringan komputer itu dibuat dan disimulasikan seperti layaknya jaringan internet. Kemudian, kata Michael, peserta lomba akan ditandang untuk mempelajari jaringan komputer yang didesain panitia dan mencari lobang sekuriti yang sengaja dibuat panitia Panhac2.

Keberadaan hacker sendiri menurut Michael bukan sesuatu yang negatif. ”Hacker is not a bad thing.Segalanya tergantung individu masing-masing. Seperti kasus jebolnya situs KPU yang dibobol oleh Dani Firman Syah (dari Xnuxer, red) dimana apa yang dilakukannya adalah aktualisasi diri, karena KPU sesumbar bahwa servernya tidak bisa dibobol. Sehingga pada event Panhac 2 ini kita ingin sebanyak-banyaknya hacker yang ikut,” ujar Michael.

Sumber: Oke Zone

0 comments

Post a Comment



Subscribe to: Post Comments (Atom)