.:: Powered By Matdhule ::.

Hacker wanna be ...


Pada Edubuntu, akses root secara default tidak diaktifkan demi alasan keamanan (sama seperti Ubuntu). Lalu bagaimana jika kita ingin melakukan perintah2 yang memerlukan akses root? Biasanya pada ubuntu sudah otomatis terinstall tool bernama sudoers yang berfungsi untuk melakukan kegiatan2 yg memerlukan root akses tanpa harus login sebagai root. Misalnya untuk add user :

[anoa@localhost: ~]$ sudo useradd matdhule
Password:

Disini kita diminta memasukkan password agar command tersebut bisa di execute. Lalu, password siapa yang harus dimasukkan disini? Password user yg bersangkutanlah yg harus dimasukkan disini, bukan password root, karena kita tidak tahu password rootnya apa.
Lalu bagaimana jika setelah memasukkan password, command masih tidak bisa di execute? Inilah yg gw alami pada distro Edubuntu yang terinstall di Zyrex Anoa 212. Pada saat kita akan mengakses perintah2 yang memerlukan root akses (network manager, partisi hardisk,dll), setelah gw masukkan password dari user anoa tsb, system tetap menolak menjalankan perintah.

Walhasil, gw gak bisa melakukan perintah2 administrasi. Gw coba melakukan switch user ke root dengan perintah su- dan memasukkan password user anoa tidak berhasil. Sempet pusing juga gimana caranya. Setelah googling, gw dapet tips untuk reset password root tsb, tapi lagi2 melalui perintah sudo yang setelah gw coba memang gagal total :( . Kayaknya harus pake cara kasar neh :D.

Kernel yang digunakan pada Edubuntu ini adalah 2.6.22-14-386 2007 i686. Gw coba untuk mendapatkan akses root menggunakan exploit yang memanfaatkan bug vmsplice pada linux kernel 2.6.17-2.6.24.1 seperti yang dulu pernah gw coba di Backtrack 2.0 dan sukses.


Ternyata bug vmsplice masih bisa di exploitasi dan gw sukses mendapatkan akses root. Tinggal reset password root dan skarang gw bisa login ke root melalui shell menggunakan perintah su -.

Lalu, kenapa tool sudoersnya gak jalan di system ini? Setelah gw cek di file configurasinya (/etc/sudoers), user yang sudah di add untuk bisa menjalankan sudo adalah user admin. Capede. Tinggal tambahin user anoa di file /etc/sudoers (menggunakan perintah visudo menggunakan user root), beres deh. Sekarang user anoa pun bisa menjalankan sudo dengan lancar.

Semoga bermanfaat.

3 comments

  1. Anonymous  

    What do you think about WIKILEAKS?
    Hope for answer

  2. Anonymous  

    Hello there I am so happy I found your blog page, I really found
    you by error, while I was researching on Yahoo for something else, Regardless I am
    here now and would just like to say thanks a lot for a incredible post and a all round thrilling blog (I also love the theme/design),
    I don’t have time to browse it all at the moment but I have saved it and also added
    in your RSS feeds, so when I have time I will be back to read more,
    Please do keep up the excellent work.
    My page :: baseboard electric heater

  3. Anonymous  

    [url=http://sexrolikov.net.ua/tags/%F8%EB%FE%F8%EA%E0/]шлюшка[/url] Смотреть порно онлайн : [url=http://sexrolikov.net.ua/tags/%C0%ED%E0%F2%EE%EB%FC%E5%E2%ED%E0/]Анатольевна[/url] , это все смотри

Post a Comment



Subscribe to: Post Comments (Atom)