.:: Powered By Matdhule ::.

Hacker wanna be ...


Beberapa hari yang lalu, lagi asyik chatting sama lirva32 tiba2 om y3dips ngebuzz lewat ym. Dia bilang, "mat, kenapa gak isonya aja yang lo run dari vmware :p " Gw jawab, "emang bisa om? Gw udah coba gak bisa" "Gw gak masalah tuh, jangan pake vmware player, pake yang serper" "Oke deh tar gw tes lagi, soalnya pake CD bau2 angus di cd-romnya :) " (baca juga : Whax 3.0 (Whoppix) vs Backtrack 2)

Memang gw udah pernah coba jalannin langsung file bt2final.iso pake vmware server. Ternyata caranya salah :). Sebelumnya gw langsung klik kanan di file iso > open with > vmware console. Vmware tidak bisa membuka file tersebut. Karena dia cuma bisa membuka file2 configurasi vmware yg berextension .vmx dan .vmdk. Setelah gw perhatiin, pada configurasi virtual machine, ada beberapa komponen yang harus kita setting terlebih dahulu. Di antaranya yaitu memory, hard disk, CD-ROM, Ethernet dan processor. O iya om y3dips juga bilang, "device cdrom lo ubah jangan mount ke hw". Nah, setelah gw cek pada settingan CD-ROM, ada pilihan connection untuk virtual device CD-ROM tadi akan diarahkan ke hardware fisik (menggunakan CD-ROM yang sebenarnya) atau menggunakan file image sebagai booting file.


Nah, langsung aja arahin ke file iso yang akan digunakan sebagai booting. Jalankan vmware, jreng jreng ... vmware sukses booting dari file iso langsung tanpa menggunakan cd :) .

Vmware berjalan lebih stabil daripada apabila kita boot lewat live cd, karena jika melalui cd setiap beberapa saat dia akan meload file dahulu dari cd sebelum menjalankan suatu aplikasi. CMIIW.

Selamat mencoba ^_^




Menjelang Panhac 2 di Jakarta tanggal 1 Agustus nanti, gw mulai mencari2 informasi mengenai hasil panhac di kota2 sebelumnya. Googling sana sini, nemu blognya flexu5 yang ikutan panhac di Bandung. Pas panhac di Bandung, dia pake Backtrack 2 ( kayanya sih yang terbaru ). Penasaran makhluk apaan itu backtrack (maklum masih newbie), langsung tanya ke mbah Google. Ketemu beberapa referensi ternyata Backtrack 2 adalah salah satu dari sekian banyak LiveCD linux yang berisi tools2 security, pentest, exploit, dll dsb yang kalo gw liat paling lengkap. Jadi inget LiveCD Whax (Whoppix) 3.0 yang pernah dikasih sama lirva32 (thanks ya). Whax 3.0 juga merupakan livecd yang berisi tools2 seperti metasploit, nmap, amap, kismet, aircrack, dan segudang tools2 lainnya yang include dalam 1 CD. Pas gw baca2 disitusnya backtrack, gw baru tau ternyata backtrack itu merupakan gabungan dari Whax dengan Auditor security collection.

Home of BackTrack

BackTrack is the result of the merging of the two innovative penetration testing live linux distributions Auditor security collection and Whax. By combining the best features from both distributions and putting continous development energy, the most complete and finest security testing live distro was born: BackTrack. Checkout its own section on the website at Free Projects.

Jadi pengen coba Backtrak2. Langsung sedot file iso dari site mirrornya (kurang lebih 689MB). Tanya temen gw, gimana supaya jadi bootable cdnya, dia bilang burning kaya biasa aja, langsung otomatis kok. Ya udah burning biasa. Pas gw tes di vmware, gak jalan tuh cd. Sial sayang tuh cd.

Beli lagi 2 biji buat cadangan. Tanya dayat, katanya burn cd-image. Tes burning lagi pake Nero 7, tapi pas verifikasi reading cdnya error. Sial :(. Burning sekali lagi (harus bisa!!!), akhirnya sukses. Langsung cobain di vmware, Backtrack 2 berjalan dengan lancar :)

Liat2 menu dan tools, dari segi penampilan KDEnya mirip banget sama Whax, cuma lebih halus. Yang paling beda ya tools2 yang tersedia emang jauh lebih lengkap.
Mungkin baru segitu penilaian gw dari sekilas penerawangan. Blom sempet ngoprek2 lagi.
Satu lagi "mainan" baru di laptop :).



Pada satu pc, biasanya Yahoo! Messenger atau biasa disingkat YM hanya bisa digunakan untuk login 1 ID saja. Bagi anda yang harus berbagi pc dengan rekan anda, tentu akan merepotkan jika anda sedang login YM dengan ID anda, lalu rekan anda ingin "ikutan" chatting menggunakan IDnya. Anda harus logoff dulu baru kemudian rekan anda login dengan IDnya.
Ada cara mudah yang dapat "mengakali" YM sehingga kita bisa login lebih dari 1 ID dalam 1 PC yang sama. Langkah2nya sebagai berikut.
1. Buka regedit. (Start > Run > ketik regedit > OK).


2. Masuk direktori HKEY_CURRENT_USER\Software\yahoo\Pager
3. Masuk direktori Test. Jika Test belum ada, buat folder baru dengan nama Test. Caranya : klik kanan pada folder Pager, pilih New > Key. Rename nama folder menjadi Test. Lalu klik direktori Test tsb.
4. Pada direktori Test sebelah kanan, klik kanan > New > DWORD Value, beri nama Plural.
5. Double klik DWORD Plural, isi value data hex 1. Tekan OK.


6. Tutup regedit, lalu restart PC anda.
7. Sekarang anda bisa login lebih dari 1 ID dalam 1 PC. Cara login : buka YM baru jika ingin login ke ID yang berikutnya.

Selamat mencoba.

Lagi iseng2 browsing nemu artikel tentang vmware. Dulu pernah denger katanya dengan vmware kita bisa menginstall multi OS pada satu PC. Mumpung softwarenya gratis tes download deh. Saat ini di laptop pake Windows Vista Ultimate Edition. Dulu nginstall pake yg versi upgrade dari XP. Setelah gw install vmware, liat2 menunya sebentar. Ada beberapa pilihan OS yang bisa kita install. Mulai dari Win2000, XP, vista, aneka distro Linux, Sun Solaris, sampe FreeBSD juga ada. Tes ah install Linux. Tanya temen gw, ternyata dia punya cd Debian 4. Pinjem dong boss :D.
Langsung install di vmware. Gw pake option bahasa Indonesia, soalnya masih pemula :).



Sekitar 30 menit instalasi selesai. Gnome Debian bisa berjalan dengan lancar di vmware pada host Vista Ultimate. Malahan, performansinya lebih cepat daripada hostnya (vista).



Wah, linux emang mantaBB. Lumayan ada host linux buat riset. Biarpun cuma virtual :)

Windows terkenal dengan rakusnya akan memori yang dibutuhkan agar jalan dengan sempurna apalagi windows vista dengan mode Aero-glassnya sangat menguras memori pc kita, bagi kita yang memiliki memori pas-pasan (512MB) sangat menggangu dan kadang bikin kesel kita kalau kita meload suatu program atau aplikasi terasa lambat
Ada beberapa tip dan trik agar windows vista kita bisa berlari kencang, namun terpaksa kita harus sedikit mengorbankan akan tampilan si vista yang penuh animasi itu, tapi tidak apa-apa semua fasilitas yang dimiliki tidak berkurang kok??begini tip nya:

  1. Jadikan si vista mode classic caranya Klik kanan menu start klik Properties lanjutkan dengan memilih mode Classic pada menu start menu akhiri dengan klik Apply Ok
  2. Klik kanan icon Computer Klki Properties lalu klik Advanced system settings setelah masuk ke System Properties pada menu Advanced klik Setting pada menu Performance lalu pilih Adjust for best performance jangan lupa akhiri dengan menekan Apply Ok. Sampai disini coba reboot ulang vista anda dan rasakan perbedaannya, pasti terasa lebih cepat dari sebelumnya.
  3. Berikutnya lakukan secara rutin minimal 2minggu sekali pembersihan sampah-sampah yang ada pada vista anda agar tetap terjaga kecepatannya.dengan cara : Gunakan fasilitas Disk Cleanup yang berada pada Start - Programs - Accessories - System Tools - Disk Clienup
  4. Buang file-file yang berada pada folder Prefetch yang letaknya pada C:WindowsPrefetch
  5. Demikian sedikit tip dan trik agar vista anda bisa tetap stabil. selamat mencoba. sakses untuk anda semua.
Sumber : http://subbanul.ptpn7.com/subbanul/modules.php?name=News&file=article&sid=115

Subscribe to: Posts (Atom)